Kamis, 17 Juli 2014

usia kehamilan 36-40 minggu



usia kandungan 36 minggu
Perkembangan Bayi


Bayi Ibu sudah semakin montok . Berat badannya meningkat 0.1 kg setiap minggu pada akhir trimester ke-3 ini dan panjangnya 47 cm. Jika ia adalah bayi pertama Ibu, maka kepalanya mungkin sudah mengarah ke bawah menuju jalan lahir.

Tapi jika belum, bukan masalah, kok. Bayi Ibu akan terampil mencari jalan lahir.

Pahami Tubuh Ibu

Hubungan seks tetap aman dilakukan selama hamil selama dokter belum menyarankan menghentikannya dan jika kondisi Ibu sehat.  Hubungan seks juga salah satu latihan yang baik untuk tubuh Ibu. 

Setelah ketubah Ibu pecah berarti cairan amniotik yang melindungi tubuh Ibu sudah tidak ada.  Jadi berhubungan seks akan beresiko mengakibatkan infeksi pada bayi Ibu, kecuali bila diperlukan secara medis, atau atas anjuran dokter. Jika Ibu tidak yakin apakah air ketuban sudah pecah atau belum, sebaiknya Ibu tidak melakukan hubungan seks.


usia kandungan 37 minggu
Perkembangan bayi Ibu
Karena ruang untuknya sudah semakin sempit, maka gerakannya kini bukan terasa menendang tapi menggeliat. Wajar saja, karena  beratnya sekarang sekitar 2.7 kg dan panjangnya 49 cm. Besar kan?

Wajah bayi Ibu sudah lengkap. Kelopak matanya kini dapat terbuka dan tertutup dengan mudah dan sudah punya bulu mata. Lehernya juga semakin tebal.

Pahami Tubuh Ibu

Ibu pasti sekarang sedang semangat-semangatnya menyiapkan segala hal menjelang kelahiran bayi tercinta.

Tas besar berisi perlengkapan Ibu dan bayi untuk dibawa ke rumah sakit, menata kamar bayi atau menambah beberapa bantal di kamar Ibu. Duh, senangnya!

Tapi jangan melakukan kegiatan yang berlebihan. Sesuaikan kegiatan dengan keseimbangan tubuh Ibu yang sedang hamil besar. Sebaiknya Ibu jangan mencat kamar bayi sendiri, karena sebagian besar kandungan dalam cat berbahaya untuk bayi dalam perut Ibu.  Menghirup aromanya saja sudah cukup berbahaya. 

Tubuh yang  membawa beban ekstra harus bekerja keras untuk kehidupan bayi dalam kandungan. Akibatnya, sirkulasi darah meningkat dan butuh kalori lebih banyak. Istirahatlah dan coba tips berikut:

  • Kompres mata Ibu dengan handuk dingin.
  • Bila memungkinkan, bawa water sprayyang kini banyak dijual di supermarket atau apotik-apotik besar, di dalam tas untuk mendinginkan tubuh dalam perjalanan
  • Banyak minum air untuk mencegah dehidrasi
  • Istirahatlah diruangan yang sejuk dan besar.

 

usia kandungan 38 minggu

Perkembangan Bayi

Bayi Ibu sudah makin matang. Di 2 minggu terakhir ini ia banyak berbaring. Umumnya, bayi yang siap lahir panjangnya sekitar 49 atau 50 cm, dan beratnya mendekati 2.9 kg. Ajaklah ia berbicara atau bernyanyi, karena ia sudah mampu mendengarkan suara Ibu. Komunikasi ini juga menciptakan kedekatan antara Ibu dan bayi.

Pahami Tubuh Ibu

Karena Ibu sulit tidur di malam hari, maka beristirahatlah sebanyak mungkin di siang hari. Ganjal kaki dengan bantal , agar lebih nyaman.

Kurangi kecemasan menghadapi kelahiran  dengan mendiskusikannya bersama suami.
Jika Ibu sudah memiliki anak pertama, siapkan ia untuk menjadi kakak. Libatkan agar tidak cemburu. Misalnya memintanya memasukkan baju-baju adik bayi ke dalam tas, pasti membuat si kakak senang.

usia kandungan 39 minggu
Perkembangan Bayi

Satu minggu sebelum melahirkan, kepala bayi Ibu akan turun ke rongga pinggul.Tulang-tulang tengkoraknya sudah siap untuk proses persalinan sehingga kepala bayi Ibu dapat melewati leher rahim. Panjang bayi Ibu kini sekitar 50-51cm  dan bobotnya bertambah sekitar 1 perhari.

Pahami Tubuh Ibu

Rasa lelah dan tidak nyaman, membuat Ibu ingin segera melewati masa melelahkan. Setelah lahir pun, Ibu butuh banyak energi untuk merawat bayi.

Jadi, mumpung masih bisa, beristirahatlah. Minta dukungan suami menghadapi kondisi ini

usia kandungan 40 minggu
Perkembangan Bayi

Dari satu sel, selama 9 bulan berubah menjadi seorang manusia kecil yang terdiri dari 200 juta sel. Sungguh menakjubkan!
Saat dilahirkan, berat rata-rata bayi adalah sekitar 3.4 kg dengan panjang 50cm. Ruang geraknya terbatas karena tubuhnya memenuhi rahim Ibu
 
 
Pahami Tubuh Ibu

Kini, Ibu dan bayi Ibu tinggal menunggu waktu kelahiran. Santai saja, banyak jalan, dan coba menikmati saat-saat terakhir merasakannya di perut ibu.

Memang wajar kalau Ibu cemas menghadapai proses melahirkan. Semua calon ibu merasakan hal yang sama. Maka itu, kenali tanda-tanda kelahiran dengan keluarnya bercak darah atau lendir kemerahan dari vagina ibu. Kontraksi ibu juga akan terus berlangsung semakin sering. Jangan lupa banyak menghela nafas agar ibu lebih rileks.
Selamat menyambut buah hati Ibu, semoga lancar dan tetap sehat! Dan jangan lupa mengabari kami.
 


Tidak ada komentar:

TUGAS PSIKOLOG PENDIDIKAN SEMSESTER 3

  1.     SINOPSIS FILM NEGERI 5 MENARA Film di adaptasi dari novel karya A. Fuadi tayang di  Netflix  mulai 14 Juli 2022. Film ini tayang...