Kamis, 17 Juli 2014

Usia kehamilan 26-30 minggu



usia kandungan 26 minggu

Perkembangan Bayi
Lonjakan pertumbuhan bayi, terjadi pada minggu ini hingga minggu ke-29. Sekarang saja panjangnya sudah 36 cm dan beratnya 1 pon 7 ons. Gerakannya pun sudah bisa Ibu rasakan setiap hari.

Bila karena suatu hal, ia terpaksa lahir lebih awal, paru-parunya sudah siap bernafas walau masih berkembang. Denyut jantungnya rata-rata 150 denyut/menit. Bila bayi Ibu laki-laki, denyutnya bisa lebih tinggi dari 150 denyut/menit, sebaliknya untuk bayi perempuan sedikit lebih rendah.


Pahami Tubuh Ibu

Beberapa latihan yang Ibu lakukan selama hamil, selain membantu Ibu menyesuaikan diri dengan perubahan bentuk tubuh dan berat badan Ibu, juga akan memudahkan Ibu dalam proses melahirkan. Setelah melahirkan pun latihan ini akan membantu mengembalikan tubuh ke bentuk semula.

Tapi jangan berlatih terlalu lelah ya. Lakukan saja latihan ringan setiap hari seperti jalan kaki atau berenang bersama suami Beberapa tempat kini menawarkan kelas khusus persalinan dalam air atau Aquanatal. Imbangi dengan minum banyak cairan.


usia kandungan 27 minggu
Perkembangan bayi
Panjang bayi Ibu kini 37cm dengan bobot kurang lebih 2 pon. Memasuki trimester terakhir, bayi Ibu mulai menerima kekebalan terhadap infeksi dari antibodi yang ada di sekitar plasenta. Kekebalan ini akan meningkat dengan pemberian ASI dan terus berlangsung hingga usia bayi Ibu beberapa bulan.



Pahami Tubuh Ibu
Memasuki akhir kehamilan, mungkin Ibu merasakan panas dalam perut karena asam lambung meningkat. Coba tips berikut untuk mengatasinya:



usia kandungan 28 minggu
Perkembangan Bayi


Dengan panjang sekitar 38cm dan berat 0.8 kg, bayi Ibu kini dapat melihat sekitarnya serta membuka kelopak matanya. Panca inderanya yang lain kini hampir lengkap. Ia dapat merasakan, menyentuh dan mengenal suara Ibu tanpa kesulitan.
Karena bayi Ibu makin tumbuh, ruang geraknya dalam rahim jadi semakin sempit. Tendangannya pun makin terasa. Untuk mencari posisi yang nyaman, ia akan  menarik lengan dan kaki ke dada seperti posisi janin pada umumnya.


Pahami Tubuh Ibu

Kalau Ibu mengalami semacam diabetes karena kehamilan Ibu atau gestational diabetes, maka dokter akan memeriksa kadar gula Ibu secara teratur melalui urine Ibu.
Jika Ibu memiliki resiko yang lebih tinggi, Ibu akan diberi tes penyaringan selama sekitar 28 minggu. Gejala-gejala diabetes ini bisa dikontrol dan diimbangi dengan  makanan sehat dan latihan teratur. Atau Ibu mungkin juga akan diberi obat.

Jika Ibu memiliki RhD-negatif maka Ibu akan diberi suntikan anti-D pada usia kehamilan 28 minggu. Langkah ini membantu mencegah masalah-masalah yang dapat menimbulkan anemia, penyakit kuning, dan kelainan hati dan jantung pada bayi di kehamilan berikutnya.


usia kandungan 29 minggu
Perkembangan Bayi

Dengan panjang hampir 40 cm, bayi Ibu kini berbobot kurang lebih 1 kg. Walaupun tiap bayi berbeda, tapi selama trimester ketiga ini, Ibu bisa memperkirakan berat bayi Ibu mungkin akan meningkat tiga kali lipat menjelang minggu ke-40.
Kalau Ibu lihat dalam saat di USG, bayi Ibu kini sudah sepenuhnya berbentuk. Walau belum matang, namun semua organnya  sudah berkembang.


Pahami Tubuh Ibu

Saat ini pasti Ibu mulai sulit tidur. Coba, tidur miring. Letakkan 1 bantal di antara lutut, 1 bantal menahan punggung dan 1 bantal lagi di bawah kepala.
Jangan lupa, minum segelas susu hangat sebelum tidur (hindari kopi). Berendam dalam air hangat dengan memberi beberapa tetes minyak lavender misalnya, bisa juga dicoba. Pasti Ibu akan lebih rileks dan bisa tidur nyenyak.


usia kandungan 30 minggu
Perkembangan Bayi

Saat ini Ibu mungkin merasa perut Ibu sangat besar. Wajar saja, karena kini bayi Ibu panjangnya sudah 40 cm dengan berat sekitar 1.1 kg. .80% waktunya kini Ia habiskan untuk tidur dan bermimpi. Perkembangan otaknya juga pesat di minggu ini.

Pahami Tubuh Ibu
Segelas jus jeruk atau buah-buahan dalam  sehari disertai dengan banyak minum air putih, bisa mengatasi rasa panas saat pipis akibat cystitis karena kandung kemih tertekan rahim. Konsultasi ke dokter tetap jadi pilihan terbaik, karena Ibu bisa mendapat antibiotik yang aman bila diperlukan.


Tidak ada komentar:

TUGAS PSIKOLOG PENDIDIKAN SEMSESTER 3

  1.     SINOPSIS FILM NEGERI 5 MENARA Film di adaptasi dari novel karya A. Fuadi tayang di  Netflix  mulai 14 Juli 2022. Film ini tayang...