Kamis, 17 Juli 2014

usia kehamilan 17-20 minggu

Perkembangan Bayi

Di minggu ke-17, panjang bayi kecil Ibu sekitar 17 cm. Ginjalnya mulai berfungsi baik. Ia juga sudah mulai buang air kecil seperti Ibu beberapa kali sehari. Urinenya disaring kembali oleh tubuh Ibu melalui plasenta. Pendengarannya sudah jauh lebih baik dan ia bisa merespon suara Ibu.

Pahami Tubuh Ibu

Sembelit yang Ibu alami ketika usia kehamilan semakin besar memang merepotkan sekaligus menyakitkan. Tapi, makanan berserat tinggi seperti buah dan sayur bisa membantu Ibu mengatasinya. Semangkuk sereal campur buah saat sarapan juga bisa jadi pilihan.

Jangan lupa, banyak minum juga membantu Ibu menghindari sembelit.


 Usia kandungan 18 minggu

Wah, bayi Ibu kini panjangnya sudah 18 cm. Lucunya, ia kini sudah mengembangkan kebiasaan tidur. Gerakannya pun makin sering Ibu rasakan. Serangkaian sidik jari yang unik mulai terbentuk pada jari tangan dan kakinya. Bila ia laki-laki, jenis kelaminnya sudah bisa dibedakan dan terlihat pada hasil USG.
Pahami Tubuh Ibu

Selama hamil, jantung Ibu akan bekerja 40 sampai 50 kali lebih keras dari sebelum hamil. Dan besar kandungan yang makin menekan saluran darah, biasanya akan membuat Ibu pusing.

Cobalah beristirahat dan jangan terlalu cepat bangun dari tempat tidur. Makan camilan sehat seperti makanan dari gandum, buah atau sayur, agar gula darah tetap stabil.


 usia kandungan 19 minggu

Perkembangan Bayi
Sejak dalam kandungan, sebenarnya bayi sudah menyukai rasa manis karena memberinya rasa nyaman dan tenang. Indera pengecapnya kini sudah berkembang lebih baik dan bisa merasakan rasa manis cairan amniotic dalam rahim.

Pendengarannya kini cukup peka terhadap suara –suara . Panjang badannya kini 19 cm.


usia kandungan 20 minggu

Perkembangan Bayi

Bayi Ibu kini makin pesat pertumbuhannya. Panjang badannya sudah mencapai 22 cm. Bagian otak yang mengontrol inderanya juga berkembang pesat. Detak jantungnya sekarang mudah dideteksi. Jangan heran, kulit bayi Ibu kini memproduksi lendir tebal berwarna putih yang disebut vernix. Lendir ini berfunsgi sebagai ‘anti-air’ untuk melindungi kulit bayi dalam kandungan.


Pahami Tubuh Ibu

Melakukan pemeriksaan USG dan melihat bayi dalam kandungan melalui monitor, pasti jadi pengalaman menarik. Coba saja dengar pengalaman teman yang juga mengalami hal ini.

Hasil scan kehamilan minggu ke-20 biasanya disebut scan anomali yang bertujuan memastikan bayi Ibu berkembang normal dan posisi plasenta baik.

Lama proses USG biasanya sekitar 15-20 menit. Dokter atau petugas sonografer akan memberitahu Ibu secara detail mengenai pekembangan bayi, baik detak jantung dan anggota tubuh bayi Ibu. Bila ada kelainan juga akan diberitahu.

Serunya lagi, di usia 20 minggu, Ibu juga sudah bisa mengetahui jenis kelamin bayi. Dokter kadang menyarankan untuk melakukan scan ulang di minggu-minggu berikutnya. Hasil scan biasanya boleh dibawa pulang untuk kenang-kenangan.

Tidak ada komentar:

TUGAS PSIKOLOG PENDIDIKAN SEMSESTER 3

  1.     SINOPSIS FILM NEGERI 5 MENARA Film di adaptasi dari novel karya A. Fuadi tayang di  Netflix  mulai 14 Juli 2022. Film ini tayang...