Kamis, 17 Juli 2014

usia kehamilan 21-25 minggu


usia kandungan 21minggu

Perkembangan Bayi

Bobot bayi dalam kandungan Ibu sudah sekitar 8 ons dengan panjang 26 cm. Karena ia sudah mampu mendengar suara Ibu, cobalah mengajaknya bercakap-cakap atau menyanyi untuknya.

Ginjalnya kini sudah bekerja dan mulai memroses kotorannya. Otak yang berkembang pesat membutuhkan asam lemak omega untuk terus tumbuh. Ibu bisa membantu pertumbuhannya dengan makan makanan seperti ikan atau sumber omega 3 lainnya.

Pahami Tubuh Ibu
Orang di lingkungan sekitar Ibu pasti tahu bahwa Ibu sedang hamil karena perut dan tubuh Ibu yang makin besar. Agar beban kaki tidak terlalu berat dan tidak bengkak, coba ikuti saran berikut ini:
  • Beristirahatlah setiap ada kesempatan. Rebahkan tubuh dan ganjal kaki dengan bantal agar posisinya lebih tinggi.
  • Putar-putar pergelangan kaki Ibu agar sirkulasi darah lancar.
  • Cob gunakan stoking jika kaki Ibu bengkak.
  • Lakukan gerakan dan berjalan secara teratur selama 15 menit di pagi dan siang hari.


     usia kandungan 22 minggu
    Perkembangan Bayi
    Bagaimana Ibu pada tahap ini? Pasti Ibu sudah tak sabar menanti kelahiran bayi Ibu. Apalagi kini ia sudah tidak kecil lagi. Panjangnya sudah 27 sampai 28 cm dengan berat 9 ons.

    Ia juga kini makin peka pendengarannya terhadap suara Ibu. Wajah dan badannya makin mirip bayi baru lahir, walau kulitnya masih transparan dan lapisan lemaknya belum berkembang.



    Pahami Tubuh Ibu

    Saat hamil, selain karena sirkulasi darah meningkat, kulit Ibu juga akan menampung air lebih banyak sehingga tampak lebih kemerahan dan lebih segar. Ibu juga tampak lebih sehat.

    Tapi kehamilan juga bisa menimbulkan jerawat akibat kadar hormon meningkat. Jadi, jagalah kelembaban dan kelembutan kulit Ibu. Bila timbul jerawat, bersihkan dengan pembersih yang sesuai dengan kondisi kulit.

    Jika Ibu ingin menggunakan krim jerawat, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter. Sebenarnya Ibu tak perlu cemas, karena beberapa minggu setelah melahirkan, kondisi kulit akan kembali seperti semula.

    Selama hamil, kulit Ibu memang menjadi sensitif. Bila timbul iritasi atau kulit Ibu mengering, hindari sinar matahari dan jaga kelembaban kulit. Agar lebih nyaman, kenakan pakaian dari katun yang lembut, karena mampu menyerap keringat dengan baik. Jangan lupa, cermatlah ketika memilih sabun mandi atau parfum selama hamil.

    usia kandungan 23 minggu
    Perkembangan Bayi

    Penasaran kan, bagaimana bayi Ibu saat ini? Ia sudah berlatih bernafas dan menghisap cairan amniotic ke dalam paru-parunya yang sedang berkembang. Kadang-kadang ia tampak memegang tali pusatnya.

    Coba Ibu rasakan, pasti gerakannya lebih dahsyat dibanding minggu lalu. Ketika kulitnya berkembang, minyak dan kelenjar keringatnya pun mulai bekerja. Dengan berat 1 pon 1 ons dan panjang 29 cm, ia tampak sempurna sebagai bayi.

    Pahami Tubuh Ibu
    Selama hamil, tubuh Ibu dan bayi butuh kalsium agar tulang dan gigi menjadi kuat. Kalsium juga diperlukan agar sistem otot, sirkulasi, dan sistem syaraf Ibu berfungsi dengan baik.

    Saat hamil kebutuhan kalsium Ibu meningkat 50%. Ibu bisa mengkonsumsi Nutrima dari Nutritia yang mengandung semua kebutuhan nutrisi untuk Ibu hamil. Penuhi kebutuhan ini, jangan sampai bayi mengambilnya dari tulang Ibu sehingga Ibu mengalami masalah tulang di kemudian hari.

    Susu , yogurt, keju, ikan, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan bisa membantu Ibu memenuhi kebutuhan kalsium selama hamil 

usia kandungan 24 minggu
Perkembangan Bayi

Panjang bayi Ibu kini 30 cm dan beratnya 1 pon 3 ons. Menurut dokter, di usia ini bayi Ibu sudah mampu bertahan hidup bila harus lahir sekarang. Tapi dengan bantuan unit perawatan khusus bayi.

Pahami Tubuh Ibu
Perubahan hormon selama hamil membuat Ibu lebih emosional dan sensitif. Hal sepele pun bisa jadi berlebihan bagi Ibu. Cerita dalam menonton film kegemaran Ibu, melihat orang lain menggunakan gelas minum Ibu, sampai merasakan gerak bayi, bisa membuat Ibu berpikir dan bersikap berlebihan.




usia kandungan 25 minggu

Perkembangan bayi Ibu

Menjelang trimester ke-3, perkembangan bayi Ibu makin pesat. Panjangnya sekitar 34 cm dan beratnya 1 pon 6 ons. Selain suara Ibu, ia kini mampu mengenali suara ayahnya. Kalau Ibu bernyanyi atau suami memainkan musik. Ia pasti senang. Hebatnya lagi, otak yang makin berkembang sudah siap mengingat beberapa hal sejak dalam kandungan Ibu.
Pahami Tubuh Ibu
Kenaikan berat badan saat hamil memang tidak bisa kita hindari. Dan tumbuh kembang bayi Ibu juga bergantung pada kenaikan berat badan Ibu. Jangan khawatir, kenaikan berat badan tidak akan berlebihan bila Ibu tetap makan menu seimbang dengan porsi sesuai kebutuhan.

Ibu bisa memperkirakan kenaikan berat badan saat hamil dengan berpatokan pada berat badan sebelum hamil. Upayakan kenaikannya hanya sekitar 7 sampai 12 kg. Ingat, kehamilan bukan saatnya melakukan diet. Ibu bisa melakukannya setelah bayi lahir.

Tidak ada komentar:

TUGAS PSIKOLOG PENDIDIKAN SEMSESTER 3

  1.     SINOPSIS FILM NEGERI 5 MENARA Film di adaptasi dari novel karya A. Fuadi tayang di  Netflix  mulai 14 Juli 2022. Film ini tayang...