Kamis, 04 Oktober 2012

Mie Pelangi Ala Bali

TEMPO.CO, Jakarta - Mie berwarna-warni alias mie pelangi kini ada di Bali. Kehadirannya sejak satu bulan lalu mewarnai semaraknya dunia kuliner yang tumbuh subur di Pulau Dewata.

Kenalkan, warung makan Mie Ayam Kangkung Pelangi milik Willy Teguh, yang kini dikelola oleh anaknya, Hilfan. Bali merupakan tempat pertama di luar Pulau Jawa yang dipilih Hilfan untuk mengembangkan usaha keluarganya itu. Restoran ini muncul pertama kali di Banten.


"Kebetulan di sini ada saudara, sekalian saja coba buka cabang di sini (Bali-red)," kata Hilfan.


Warung makan lebih pas disebut kedai karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Meja dan kursinya pun sederhana. Rupanya tidak ada yang spesial. Nyaris sama dengan kedai-kedai lainnya. Meski demikian, Hilfan mengaku, cukup banyak yang penasaran dengan makanan yang dijualnya. Bagaimana tidak, mie pelangi asal Banten ini menjadi pelopor mie warna-warni di Bali.


Pengunjung yang datang biasanya memesan makanan yang berbeda dari kedatangan sebelumnya. "Terutama untuk makan malam, banyak yang mengajak anggota keluarganya ke sini," Hilfan berujar.


Khususnya untuk mie pelangi. Dengan bahan dasar yang sama, mie pelangi ini hadir dalam empat warna. Ada oranye, hijau, ungu, dan original seperti warna umumnya mie. "Misalnya hari ini ada yang minta mie ungu, besoknya pilih yang hijau atau oranye. Pokoknya selang-seling," kata dia.


Meski warna mie pelangi ini unik, pembeli tidak perlu menunggu lama untuk mencicipi rasanya. Hanya perlu waktu kira-kira 10 menit untuk penyajiannya. Saat pengunjung datang, mie pelangi mentah yang sudah tersedia diberi pelengkap sesuai selera pemesannya.


Pada kedai yang berlokasi di Jalan Pulau Gala, Pemogan, Denpasar ini, mie pelangi bisa dihidangkan dengan beberapa menu. Seperti potongan ayam, sedangkan untuk penggemar pedas, bisa memilih tambahan ayam rica-rica yang khas dengan rasa pedasnya. Untuk kuahnya, ada aroma harum menyeruak ke permukaan. Aroma sedap itu berasal dari sayur tong cai. Sayur ini merupakan campuran dari sayur kol Tianjin, bawang putih dan garam.


Tiga variasi warna untuk mie pelangi itu memang diambil dari bahan-bahan alami. Sama sekali tidak ada bahan pengawet di dalamnya. Warna ungu didapat dari buah bit. Demikian pula untuk warna oranye dan hijau, bahannya didapat dengan mudah. Warna oranye berasal dari cabe merah besar. Sedangkan untuk hijau berasal dari sayur sawi. Harga mie ayam ini cukup terjangkau untuk isi kantong akhir bulan. Satu porsinya hanya Rp 10 ribu.

Tidak ada komentar:

TUGAS PSIKOLOG PENDIDIKAN SEMSESTER 3

  1.     SINOPSIS FILM NEGERI 5 MENARA Film di adaptasi dari novel karya A. Fuadi tayang di  Netflix  mulai 14 Juli 2022. Film ini tayang...